Kalau seseorang dgn penuh keyakinan menuju ke arah impian-impiannya,dan berupaya menjalani kehidupan yg telah ia imajinasikan,ia akan berjumpa dgn sukses di saat yg tdk disangka-sangka " Henry David Thoreau
Ketika saya pertama kalinya mulai serius merenungkan cara kerja pikiran, saya takjub membaca artikel karya R.W.Gerard,dalam majalah Scientific Monthly edisi Juni 1994 tentang otak serta imajinasi ,di mana ia mengatakan bahwa memang menyedihkan tetapi benar bahwa sebagian besar pengertian kita tentang pikiran akan tetap sah dan bermanfaat seandainya,kranium (tulang tengkorak) itu dipadati dgn kapas.
Semenjak itu,tentunya,memahami bagaimana cara kerja pikiran manusia itu telah berkembang secara luar biasa.Terutama,semuanya adalah berkat industri komputer.Ketika manusia bertekad membangun " otak elektronis" dan membangun mekanisme pencapai sasaran di dalam komputer,kita mau tidak mau menemukan & memanfaatkan prinsip-prinsip dasar tertentu.Setelah menemukannya,para ilmuwan mulai bertanya kepada diri sendiri. Mungkinkah begini juga cara kerjanya otak manusia ? Mungkinkah dlm menciptakan manusia Pencipta kita telah memberi kita mekanisme kontrol otomatis yg lebih mengagumkan drpd otak elektronis atau sistim panduan manapun yg pernah diimpikan manusia,tetapi beroperasi menurut prinsip-prinsip dasar yg sama? Menurut pendapat ilmuwan-ilmuwan Cybernetics terkenal seperti Dr. Norbert Weiner,Dr.John von Newmann,serta lainnya,jawabannya mutlak *YA*
Dalam upaya menjelaskan hal-hal seperti itu,biasanya kita mengatakan bahwa hewan itu mempunyai "NALURI" tertentu untuk memandunya.Analisalah semua naluri seperti itu maka akan anda temukan bahwa naluri itulah yg membantu hewan sukses menghadapi lingkungannya.Singkatnya ,hewan mempunyai "NALURI SUKSES"
Kita sering melupakan fakta bahwa manusia pun memiliki naluri sukses,yg jauh lebih mengagumkan & lebih kompleks drpd hewan manapun.Pencipta kita sungguh memberkati kita dlm hal ini.
Hewan tak dpt memilih sasaran-sasaran mereka.Sasaran-sasaran mereka (melestarikan diri & proteksi) sudah ditetapkan dari sananya, demikianlah kira-kira.Dan Mekanisme Sukses mereka terbatas pada gambaran-gambaran sasaran terpasang itu,yg kita sebut "NALURI". Manusia ,sebaliknya,mempunyai sesuatu yg tdk dipunyai hewan. Imajinasi Kreatif .Demikianlah manusia juga pencipta.Dengan imajinasi, manusia dpt merumuskan beragam sasaran. Hanya manusialah yg dpt mengarahkan Mekanisme Suksesnya dgn menggunakan imajinasi atau kemampuan berkhayal.
Bolehlah dikatakan bahwa hewan itu berperangkat keras,itu saja. Tetapi manusia beroperasi dgn perangkat lunak & bisa terus menerus mengubah keluarannya.
Demikianlah timbul suatu rumusan :
Anda ,sebagai Pencipta pengalaman² kehidupan anda sendiri
_________________________________________________
(1) Keputusan Pikiran Sadar + (2) Imajinasi yg Mengkomunikasikan Sasaran/Target kepada (3) Citra Diri = (4) Instruksi-instruksi "Perintah Kerja" kepada Mekanisme Kontrol Otomatis
Kita sering menganggap Imajinasi Kreatif itu hanya berlaku bagi Pujangga,penemu,ilmuwan,konten kreator & yg seperti itu.Tetapi imajinasi itu kreatif dalam segala hal yg kita lakukan.Walaupun tidak mengerti mengapa atau bagaimana imajinasi mendorong bekerjanya mekanisme kreatif kita,pemikir-pemikir serius dari segala zaman,maupun orang-orang praktis,telah menyadari fakta tersebut & memanfaatkannya ."Imajinasilah yg menguasai Dunia",kata Napoleon." Daya imajinasi adalah pendorong besar kegiatan manusia,dan sumber utama perbaikan manusia.
Hancurkenlah daya imajinasi ini,maka kondisi manusia akan menjadi se_statis binatang buas ",kata Dugold Stewart,filsuf Skotlandia terkenal.
Anda dapat mengimajinasikan masa depan anda",kata industriawan pragmatis Henry J.Kaiser,yg menyataken bahwa sukses dalam bisnisnya adalah berkat penggunaan imajinasi kreatif secara positif & konstruktif.
Pemimpin-pemimpin bisnis modern juga mengakui pentingnya kuasa imajinasi :
Renungkenlah peran imajinasi dlm kebangkitan Starbucks Coffee. Dalam bukunya,Pour your Heart Into It: How Starbucks Built a Company One Cup at a time ,Direktur Utamanya ,Howard Schultz,berbicara tentang berjalan-jalan di kota-kota di Itali dimana imajinasinya tertawan oleh bar-bar kecil di pinggiran jalan,yg dipadati oleh orang-orang yg gembira,diwarnai dgn enerji,bahkan asmara.Schultz melihat suatu peluang ,demikian katanya,untuk menemukan kembali suatu komoditas rutin-Kopi. Ia mengatakan: "Kalau itu menawan imajinasi Anda,itu pun akan menawan imajinasi orang lain"
Kedai StarBucks yg Anda kunjungi sekarang ini adalah hasil dari pada upaya² imajinasi Schultz untuk meniru pengalaman romantis,gembira,dari bangsa Itali itu & bar² kopi mereka di kota anda / dipusat perbelanjaan anda.
Sir Schultz menulis : " Setiap kedai StarBucks dirancang seksama untuk meningkatkan kualitas dari segala yg dilihat,disentuh,didengar,dibaui,atau dikecap pelanggan....apakah yg pertama-tama anda perhatiken begitu mendekati kedai StarBucks ? Hampir selalu,aromanya.Aroma pemicu kenangan lebih kuat drpd lewat indera lainnya,& jelas itu memainken peran penting dalam menarik orang ke kedai kami.Menjaga aroma kopi itu tetap murni bukanlah tugas mudah".Lalu ia jelaskan bagaimana mereka melarang merokok sebelum itu menjadi norma,& tidak menjual makanan tertentu demi kemurnian aroma kopinya,bagaimana mereka dgn seksama memilih hanya musik latar belakang tertentu dimana suara mesin pembuat kopi & peralatan logam ketika menyendok biji kopi segar itu tetap terdengar,dan sebagainya dan sebagainya.Perhatian yg demikian seksama terhadap setiap detil sungguh menuntut imajinasi.
Pengalaman StarBucks "ciptaan" Howard Schultzini menggemakan kepemimpinan imajinasi-menjadi-kenyataan yg fenomenal dari Walt Disney. Pililah atraksi Disney yg mana pun & telaah dgn seksama,maka akan anda perhatikan perhatian yg menajubkan terhadap detil,yg lahir dari imajinasi. Mantan orang kepercayaan Disney sekaligus konsultan berpikir kreatif bagi perusahaan² seperti Apple Computer & GE ,yaitu Mike Vance ,memberi kita wawasan tentang penciptaan restoran Blue Bayou didalam Disneyland,yg kemudian ditiru Disney Word,dalam bukunya,Think Outside the Box:
Seandainya anda sedang merancang sebuah restoran dg tema new Orleans,restoran Blue Bayou,apakah yg akan anda bayangkan ?? Louisiana yg berpaya? Apa lagi ? Tak ada paya teduh misterius yg lengkap tanpa capung ke sana kemari,,bagaimana dg aroma yg tercium diudara Old New Orleans ? Kopi panggang yg dikurangi kemurniannya dg akar tanaman tertentu menambah suasana yg jelas² ala perancis.Aroma kopi segar beredar di seluruh sistim pendingin ruangannya ,,, suara band Dixieland di latar belakang, digabungken dg suara khas jangkrik serta banjo yg dimainkan secara malas-malasan di kejauhan.
Mike mengatakan bahwa mungkin anda tidak memperhatikan masing-masing detil tersebut tetapi, ketika digabungkan semuanya itu memindahkan anda ke tempat serta waktu yg lain.
Boleh dikata semua orang yg pernah mengunjungi Disneyland atau Disney Word ,entah ketika masih kecil atau sudah dewasa ,pasti kembali_retensi pelanggan 100% ! Itu bukanlah suatu kebetulan.Itu adalah daya imajinasi yg dimanfaatkan semaksimal mungkin,demi keuntungan perusahaan.
Memang benar menghargai kemungkinan yg tercipta seandainya diterapkan secara benar.
Sinar Matahari,ketika tersebar,terasa lembut & hangat; tetapi jika difokuskan lewat kaca pembesar dg cara tertentu,bisa membakar.
Imajinasi yg tak jelas sasarannya,mungkin memberiken hiburan menyenangkan.Tetapi jika diterapkan secara benar,imajinasi bisa secara efektif memprogram citra diri anda & pada gilirannya,Mekanisme Sukses Otomatis Anda , untuk merealisasikan sasaran apa pun yg anda Pilih.
No comments:
Post a Comment